Lembar Kerja Siswa
LKS (Lembar Kerja Siswa)
Pengukuran Massa Jenis
A.
Tujuan Percobaan
Dapat mengetahui massa jenis benda.
Dapat mengetahui yang mempengaruhi massa jenis benda.
B.
Dasar Teori
Massa jenis adalah pengukuran massa setiap satuan volume
benda. Semakin tinggi massa jenis suatu benda, maka semakin besar pula massa
setiap volumenya. Massa jenis rata-rata setiap benda merupakan total massa
dibagi dengan total volumenya. Sebuah benda yang memiliki massa jenis lebih
tinggi (misalnya besi)
akan memiliki volume yang lebih rendah daripada benda bermassa sama yang
memiliki massa jenis lebih rendah (misalnya air). Satuan SI massa jenis adalah kilogram
per meter
kubik (kg·m−3)
Massa jenis berfungsi untuk
menentukan zat. Setiap zat memiliki massa jenis yang berbeda. Dan satu zat
berapapun massanya berapapun volumenya akan memiliki massa jenis yang sama.
Rumus untuk menentukan massa jenis adalah
dengan
ρ adalah massa jenis, m adalah massa,
V
adalah volume.
Satuan massa jenis dalam 'CGS [centi-gram-sekon]' adalah: gram per sentimeter
kubik (g/cm3).
1 g/cm3=1000 kg/m3
Massa jenis air murni adalah 1 g/cm3 atau sama
dengan 1000 kg/m3
Selain karena angkanya yang mudah diingat dan mudah dipakai
untuk menghitung, maka massa jenis air dipakai perbandingan untuk rumus ke-2
menghitung massa jenis, atau yang dinamakan 'Massa Jenis Relatif'
Rumus massa jenis relatif = Massa bahan / Massa air yang
volumenya sama
C.
Alat dan Bahan
Alat :
·
Neraca
·
Mistar
·
Jangka
sorong
·
Gunting
Bahan:
·
Kertas
karton
D.
Langkah Percobaan
Siapkan 5 potong karton yang tidak sama ukurannya kemudian timbang
tiap-tiap potong kertas menggunakan neraca. Ukurlah panjang, lebar dan tebal,
masing-masing potong kertas karton menggnakan mistar danjangka sorong. Tulis
hasil pengukurannya dalam tabel.
E.
Hasil Pengamatan
F.
Pertanyaan-Pertanyaan Pengarah
1. Berapakah massa jenis tiap-tiap
potongan kertas karton?
2. Bandingkan hasil no. 1 dengan
jawaban pada pertanyaan pendahuluan!
3. Berapakah massa jenis rata-ratanya?
4. Buatlah grafik hubungan massa
benda dengan volum benda!
5. Hitunglah massa jenis benda
berdasarkan grafik, bandingkan dengan jawaban no. 3!
6. Apakah kesimpulan kegiatan ini?
7. Rancanglah suatu kegiatan menentukan massa jenis benda yang
bentuknya tidak
teratur!
G.
Pembahasan
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….......
H.
Kesimpulan
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda